Ingin Seperti MIT, Kampus Telkom Genjot Budaya Meneliti

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2009/01/08/092805/1064832/398/ingin-seperti-mit-kampus-telkom-genjot-budaya-meneliti

Kamis, 08/01/2009 09:28 WIB

MIT
Suasana Belajar di MIT

Jakarta – Bukan perkara mudah untuk menumbuhkan budaya meneliti. Perlu konsentrasi, biaya dan waktu yang tidak sedikit. Namun demi meraih kesejajaran dengan world class university seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) akan genjot penelitian di lingkungan kampus.

“Kita berusaha dalam 10 tahun mendatang kita bisa leading di bidang ICT. Tahun 2017, kita ingin sejajar dengan MIT, Harvard dan kampus kelas dunia lainnya,” kata Assistant Manager of Research & Community Service IT Telkom Dharu Arseno saat ditemui detikINET di ruang kerjanya di Kampus IT Telkom, Jalan Telekomunikasi No 1, Rabu (7/1/2009).

Senada dengan Dharu, Manager of Research & Community Service IT Telkom Yati Rohayati mengatakan bahwa untuk melakukan penelitian perlu kesiapan, permasalahan serta publikasi.

“Penelitian perlu dibangun dari kesiapan, permasalahan serta publikasi. Punya kesiapan tapi tidak dipublikasikan, maka sia-sia. Tidak punya kesiapan tapi publikasi sama saja tong kosong nyaring bunyinya. Intinya semuanya saling terkait,” papar wanita berkerudung ini.

Ditambahkan Dharu, di tahun ini dirinya menargetkan ada 40 judul penelitian yang dilakukan oleh dosen. “Kita targetkan ada 40 judul tahun ini. Ini yang di sini saja, belum termasuk penelitian di jurusan masing-masing dan mahasiswa,” terang Dharu.

Dengan semakin banyaknya penelitian yang dilakukan, Dharu berharap IT Telkom dapat meraih predikat world class university dalam bidang penelitian.

“Sebab, world class university ditunjukan dengan hasil karya, yakni penelitian,” pungkas Dharu.

( afz / ash )

0 Replies to “Ingin Seperti MIT, Kampus Telkom Genjot Budaya Meneliti”

  1. putrichairina says: Balas

    Semangat ITTelkom!
    Gantungkan terus cita-cita ini 5cm di depan keningmu!

    [Huhu..saya jadi terharu]

Tinggalkan Balasan