Strategi Konten Dalam Organisasi (Content Strategy for Organiation)

content strategy
content strategy

Di era digital ini, kita dibanjiri oleh berbagai informasi. Informasi ini begitu banyak sehingga hampir tidak mungkin kita baca satu per satu. Sedangkan di dalam organisasi mana pun, setiap bagian berupaya untuk menyampaikan informasi yang dinilainya berharga untuk mencapai tujuan organisasi. Agar konten yang dibuat dibaca oleh target pembaca, perlu strategi yang matang dalam pengaturannya. Inilah yang disebut dengan strategi konten.

Ada dua hal yang perlu dipahami untuk menghasilkan konten yang efektif :

  1. Memahami tujuan organisasi
  2. Memahami target pembaca

Mari kita bahas satu per satu..

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

1. Memahami tujuan organisasi

Poin ini menjadi penting karena begitu banyak informasi yang dianggap penting yang perlu disampaikan oleh suatu organisasi. Baik itu ditujukan kepada pihak internal (pegawai) maupun pihak eksternal (pelanggan dan calon pelanggan). Setiap unit dari suatu organisasi merasa memiliki banyak informasi yang penting untuk disampaikan. Dengan memahami tujuan organisasi, kita dapat membuat prioritas mana informasi/konten yang lebih penting untuk disampaikan mana konten yang bisa menanti penyampaiannya.

2. Memahami target pembaca

Crosswalk
Semua sibuk

Memahami target pembaca dilakukan agar konten yang kita buat menjadi efektif : tepat sasaran. Ada dua fenomena yang perlu dipahami dalam membangun konten yang efektif :

 a. Membanjirnya informasi yang tersedia. Setiap informasi ini memperebutkan perhatian pembaca.

b. Keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pembaca. Meskipun informasi yang tersedia membludak, waktu yang dimiliki oleh pembaca tidak pernah bertambah. Hanya tersedia 24 jam dalam satu hari. Karena itu pembaca secara otomatis hanya akan membaca apa yang ia anggap penting saja.

c. Dunia yang semakin kompleks. Gaya hidup semakin beragam, semakin canggih sesuai perkembangan teknologi. Begitu pula permasalahan hidup, semakin rumit. Hal ini membuat pembaca semakin selektif dalam menangkap informasi.

Selanjutnya, setelah memahami kondisi organisasi dan target pembaca, adalah merumuskan strategi konten yang akan digunakan. Strategi yang dimaksud akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Bagaimana pendapat sahabat, apa ada yang punya pengalaman dalam membuat konten/menyajikan informasi dalam suatu organisasi? Kendalanya apa?

^______^

 

Leave a Reply