Panduan Web Check In Sriwijaya Air

panduan web check in sriwijaya air

Web Check In Sriwijaya Air terbilang mudah untuk dilakukan. Namun karena waktu yang diberikan sangat singkat (hanya 5 menit) maka kita perlu mengetahui langkah-langkahnya agar tidak melakukan kesalahan karena tergesa-gesa. Nah, berikut ini adalah panduan web check in Sriwijaya Air.

Pertama, buka website web check in Sriwijaya Air. Alamat website dapat dicari dengan googling atau bisa juga dengan klik link : Online Check In Sriwijaya Air . Selanjutnya masukkan tanggal keberangkatan (departure date) dan kode booking (booking code) lalu klik tombol Search.

Website Online Check In SriwijayaAir

Jika tanggal keberangkatan dan kode booking yang dimasukkan benar maka akan muncul halaman “Syarat dan Ketentuan” sebagai berikut. Silahkan dibaca terlebih dahulu kemudian klik tombol Agree/Setuju.

Halaman Syarat dan Ketentuan
Halaman Syarat dan Ketentuan

Selanjutnya akan muncul halaman nutuk memilih posisi tempat duduk sebagai berikut. Di sisi sebelah kiri dapat dilihat daftar nama yang terdaftar dalam satu kode booking. Kebetulan untuk kode booking ini hanya ada satu penumpang, yaitu saya sendiri. Klik lingkaran kecil yang berada di sebelah kiri dari nomor peserta. Perhatikan bahwa status diawal adalah NOT CHECKIN (belum check-in). Setelah klik lingkaran tersebut lalu klik posisi kursi pesawat yang diinginkan. Kita hanya dapat memilih kursi yang statusnya available (tersedia) yakni kursi yang berwarna biru. Perhatikan bahwa kita diberikan waktu CHECKIN Online hanya selama 5 menit. Jadi harus cepat proses CHECKIN-nya.

Halaman Utama Web Check In Sriwijaya Air

 

Setelah klik salah satu tempat duduk, akan muncul kotak dialog “Konfirmasi Tempat Duduk” sebagai berikut. Jika sudah yakin maka langsung saja klik tombol Agree (setuju).

Konfirmasi Tempat Duduk

Setelah menyetujui posisi tempat duduk maka pada kotak sebelah kiri akan terlihat Seat No (nomor tempat duduk) yang telah dipilih sebelumnya. Status saat ini masih NOT CHECKIN (belum check-in). Selanjutnya klik tombol Process (proses).

Rangkuman Proses Check In

Lalu akan muncul kotak dialog sebagai berikut. Jika sudah yakin dengan proses check-in yang telah dilakukan maka selanjutnya klik tombol Process (proses).

Konfirmasi Ulang

Setelah klik tombol Process (proses) maka informasi STATUS pada kotak sebelah kiri akan berubah dari NOT CHECKIN menjadi CHECKIN (sudah check-in) seperti gambar di bawah ini. Ini menandakan proses CHECKIN yang telah dilakukan berhasil. Selanjutnya kita dapat memilih untuk menyimpan salinan boarding-pass ke email (klik tombol SEND MAIL) atau bisa juga langsung di-print (klik tombol PRINT BOARDING PASS). Untuk lebih amannya sebaiknya salinan boarding-pass tetap dikirim ke email.

Web Check In Sriwijaya Air Telah Selesai

Berikut ini tampilan Boarding-Pass Sriwijaya Air dari hasil Web Check In.

Boarding Pass SriwijayaAir

Perlu digaris-bawahi bahwa Boarding-Pass ini belum memiliki barcode. Padahal barcode diperlukan untuk masuk ke dalam ruang tunggu bandara. Oleh karena itu kita masih perlu untuk menukarkan boarding pass ini dengan boarding pass versi bandara pada counter Check In Sriwijaya Air di bandara.

Timbul pertanyaan. Jika kita harus tetap print boarding pass di bandara, lalu apa bedanya dengan Check-In offline di bandara?
Bedanya.. Dengan melakukan web check in kita telah mendapatkan posisi tempat duduk yang kita inginkan. Jika kita melakukan offline Check-In, belum tentu kita akan mendapatkan tempat duduk yang diinginkan loh.. Karena bisa jadi penumpang lainnya sudah melakukan check in duluan via web maupun counter Check In di bandara.

Beberapa maskapai lainnya sudah menyertakan barcode dalam Boarding Pass dari Web Check In sehingga kita tidak perlu lagi antri di counter Check In di bandara jika kita tidak memiliki barang yang perlu disimpan di bagasi pesawat.

Demikian langkah-langkah Web Check In Sriwijaya Air yang dapat saya bagikan.
Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan