Kerja di Telkom Indonesia itu Fun, Produktif, dan Berkah

Saat ini belum banyak yang mengulas pengalaman kerja di Telkom Indonesia. Hal inilah yang MUNGKIN membuat banyak millenials mengira bekerja di sebuah perusahaan BUMN seperti Telkom itu terkesan kurang greget. Seperti contoh percakapan yang saya alami bersama adik saya, Ihsan, yang baru saja lulus S1 Teknik Industri di Universitas Diponegoro :

Saya : “San, ngga coba ngelamar di Telkom?”

Adik : “Telkom itu BUMN kan ya….? Males ah, Kak!”

Saya : “Lah, kenapa???”

Adik : “Yaaa.. BUMN kan gitu.. Kaku, birokrasi, formal… Mau coba yang lain dulu deh, Kak”

Duh.. Entah apa yang merasukimu, dek. Kok bisa sok tahu gini.. Hehe..

Oleh karena itu pada tulisan ini saya akan menjabarkan beberapa hal menarik tentang bekerja di Telkom. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi selama bekerja hampir sepuluh tahun dan juga dari pengalaman teman-teman saya di Telkom. Dijamin setelah membaca tulisan ini, teman-teman akan tertarik masuk ke Telkom!

Ok kita mulai ya..

Saat ini HC (Human Capital) Telkom memiliki slogan “Working at TelkomGroup is Fun, Productive, and Blessed”. Artinya kerja di TelkomGroup itu menyenangkan, produktif, dan penuh berkah. Apakah benar seperti itu? Yuk kita bahas satu per satu!

Kerja di Telkom itu Fun

Selain gaji dan pendapatan, ada beberapa hal yang menyebabkan seorang pegawai betah bekerja di suatu perusahaan. Salah satunya adalah lingkungan kerja. Nah, ada beberapa alasan yang membuat suasana kerja di Telkom menjadi menyenangkan. Apa saja diantaranya? 

Aktivasi Budaya (Culture Activation)

Di Telkom ada program aktivasi budaya. Yakni program untuk mensosialisasi dan internalisasi budaya perusahaan. Kenapa Telkom menganggap penting kegiatan aktivasi budaya? Karena Telkom menginginkan semua pegawai Telkom meresapi dan mengimplementasikan nilai-nilai perusahaan dalam kesehariannya.

Bentuk program aktivasi budaya dapat dikreasikan oleh masing-masing unit. Dapat dalam bentuk makan siang bersama, forum  sharing session, perlombaan hari kemerdekaan, kunjungan ke panti sosial, olahraga bersama, hingga travelling. Contohnya peringatan Hari Ibu tahun 2019 di Unit Enterprise Marketing (klik di sini).

Workshop Tahunan – Enterprise Marketing @ Solo, 2019

Pengalaman saya selama berada di bidang Enterprise Marketing pada Divisi Enterprise, kegiatan aktivasi budaya yang rutin dilakukan ini mampu menambah rasa kekeluargaan dan kekompakan dalam tim.

Kerja di Telkom itu Fun salah satunya dengan berolahraga bersama
Briskwalk tim Enterprise Marketing @ Monas, 2019
kerja di telkom itu fun - familiy gathering
Family Gathering – Enterprise Marketing @ Ancol, 2016

Keseimbangan Kehidupan Kerja, Hobi, dan Komunitas

Dengan tuntutan kerja yang menantang, seorang pegawai Telkom harus tetap dapat menyeimbangkan kehidupannya (worklife balance). Oleh karena itu di Telkom terdapat berbagai fasilitas dan kegiatan yang dapat membantu pegawai untuk menyalurkan hobi dan kegemarannya. Untuk teman-teman yang suka berolahraga, di Telkom ada banyak komunitas olahraga loh. Diantaranya ada komunitas Telkom Group Basketball (klik di sini), tenis meja, lari, hingga panahan.

kerja di telkom itu fun - archery
Latihan Panahan Putri Telkom Group @ Mezzanine Masjid di Telkom Landmark Tower (TLT), 2019

Beragam fasilitas olahraga pun tersedia di Telkom. Untuk yang hobi fitness, di TLT tersedia peralatan fitness termasuk jogging track nya. Tersedia pula jadwal kelas senam seperti Zumba dan Yoga. Untuk kamu yang hobi main basket, kini di dalam area Telkom Hub ada lapangan basket outdoor. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan oleh pegawai Telkom dengan cuma-cuma!

kerja di telkom itu fun - basketball court
Telkom Basketball Court @ Telkom Hub, 2019 (foto : Dhendy Hamdani)

Kerja di Telkom itu Produktif

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, yang berkompetisi dengan perusahaan lokal maupun internasional, cara kerja di Telkom haruslah efektif dan efisien. Oleh karenanya ada beberapa hal yang dilakukan Telkom kepada para pegawainya dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

Praktik Manajemen Terkini

Telkom selalu mengikuti praktik-praktik manajemen terkini untuk meningkatkan produktifitas. Contohnya untuk membentuk perusahaan yang Agile, Telkom melakukan berbagai sosialisasi dan pelatihan kepada pegawai mengenai Design Thinking, Design Sprint, dan juga Scrum. 

kerja di telkom itu produktif - design sprint
Kegiatan Design Sprint – Enterprise Service Division, 2017
kerja di telkom itu produktif - design sprint
Design Sprint for Profitability Analysis Tools – Enterprise Service Division, 2017

Pelatihan dan Beasiswa Untuk Meningkatkan Skill & Knowledge

Telkom menyediakan pelatihan untuk meningkatkan skill dan kompetensi pegawai Telkom. Diantara pelatihan yang saya ikuti di tahun 2019 ini adalah Greate People Management Program (band IV) dan training Boost Your Agility and Generation Diversity.

kerja di telkom itu produktif - GPMP
Training Greate People Management Program (GPMP) @ Telkom Learning Center Bandung, 2019
kerja di telkom itu produktif - training
Training Boost Your Agility and Generation Diversity @ Novotel Jogja, 2019

Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan sebagai reward untuk pegawai yang termasuk kategori top talent, Telkom mengadakan program beasiswa S2 dan S3. Perkuliahan dapat dilakukan di dalam maupun luar negeri. Dan pegawai Telkom juga dapat mencari beasiswa di luar Telkom (seperti LPDP Kemenkeu, DAAD, Chavening, AAS, dll) lalu mengajukan status cuti pendidikan ke HC Telkom.

Terus Berinovasi

Telkom mendorong munculnya ide dan inovasi baru yang datang dari pegawainya. Selain inovasi untuk pekerjaan-pekerjaan rutin, pegawai Telkom juga dapat menyalurkan ide dan inovasi bisnis untuk dikembangkan oleh Telkom. Lewat kegiatan Digital Amoeba dan HackIdea, pegawai Telkom dapat menyalurkan jiwa enterpreneurship dengan membuat startup. Pada program tersebut, ide bisnis yang terpilih akan mendapatkan mentoring, funding, dan akses networking yang dibutuhkan untuk merintis suatu startup.

Lingkungan Kerja Digital & Smart Office

Desain kantor Telkom itu nyaman, menarik, dan kekinian. Hal ini merupakan wajah Telkom sebagai suatu perusahaan digital. Desain kantor yang minimalis dan terbuka mendorong untuk lebih banyak dilakukan kolaborasi antar pegawai Telkom.

Telkom Hub

Fleksibilitas Waktu dan Lokasi Kerja (Flexible Working Arrangement)

Di era digital, dengan tersedianya akses internet tanpa batas, membuka kemungkinan bagi pekerja untuk bekerja dari jarak jauh (remote working). Hal tersebut sudah diakomodir di Telkom dengan diterapkannya aturan “Flexy Time, Flexy Place”. Dengan aturan ini karyawan dapat bekerja dari luar kantor Telkom. Dan ia juga bisa memilih waktu kerja apakah antara jam 08-17 atau jam 09-18. Pegawai Telkom dapat mengajukan waktu dan lokasi kerja yang diinginkan kepada atasannya melalui aplikasi Diarium.

Kerja di Telkom itu Berkah

Spiritualitas kerja di Telkom sangat tinggi. Mulai dari hal yang sesederhana dianjurkannya memulai dan mengakhiri kerja dengan berdoa, pengingat untuk sholat tepat waktu dengan dikumandangkan adzan di dalam kantor, hingga diadakannya peringatan hari besar keagamaan. Kegiatan kerohanian di Telkom pun sangat didukung oleh Manajemen Telkom.

Selain itu, Telkom mendorong pegawainya untuk berkontribusi secara sosial kemasyarakatan. Salah satu program yang mendukung pegawai Telkom untuk melakukan kegiatan sosial  adalah melalui kegiatan Ayo Bikin Nyata! . Dalam program ini pegawai Telkom dapat mengusulkan suatu proyek sosial yang nantinya akan mendapatkan arahan dan pendanaan dari Telkom.

kerja di telkom itu berkah - berbagi kebahagiaan
Enterprise Marketeers Berbagi Kebahagiaan Bersama Adik-adik di Panti Asuhan – 2019 (foto : IG Enterprise Marketing)

Bagaimana, sangat menarik bukan bekerja di Telkom? Teman-teman bisa mendapatkan berbagai informasi terkini mengenai kegiatan di Telkom dengan follow Instagram living in Telkom @livingintelkom. Dan bagi teman-teman yang ingin mengikuti seleksi masuk Telkom bisa mendaftar di website rekruitasi Telkom (rekrutmen.telkom.co.id).

Alhamdulillah..
Setelah tiga kali mencoba seleksi masuk Telkom, adik saya pun akhirnya lulus seleksi dan akan mengikuti Greate People Trainee Program (GPTP) pada bulan Januari tahun 2020. Congrats, my lil bro! Selamat bergabung di Telkom Indonesia!

Email Kelulusan GPTP Telkom
Baca hal seru lainnya tentang kerja di telkom (klik)
Masukkan alamat emailmu untuk mendapatkan informasi tulisan terbaru dari saya :

14 Replies to “Kerja di Telkom Indonesia itu Fun, Produktif, dan Berkah”

  1. Beneeerr bgt mba Masya Allah.. bukan di Telkom aja, di anak perusahaan nya juga enak, seneng ada foto kita panahan juga ♥️😘
    Semoga pekerjaan kita tidak hanya lelah, tapi jadi lillah juga. Aamiin

    1. Putri Chairina says: Reply

      Aamiiin yaa robbal’alamiin..
      Terima kasih komentarnya, vNa 😍

  2. MONICA PRIMADIYANTI says: Reply

    Paling terinspirasi dg blessednya…..krn pengalaman kerja di tempat lain tdk terlalu banyak kegiatan terkait spiritual n kerohanian. Wish all the best for Telkom Indonesia….

    1. Putri Chairina says: Reply

      Setuju, Bu Monic. Pengalaman sy bekerja di perusahaan yang sebelumnya, tidak ada kegiatan sosial seperti di Telkom.

      Terima kasih untuk komentarnya, Bu Monic 😊😊😊

    2. betul bu monicc… alhamdulillah Telkom sdh mengakomodir kebutuhan karyawannya .. smoga kedepannya semaikin banyak aktivitas2 lainnya yg lebih seru dan bermanfaat..

      thanks for sharing mba putri, sering2 donggg nulis kaya gini hehe,,, keep inspiring yaa…

      1. Putri Chairina says: Reply

        Kembali kasih, Mba Hafiizh.. Terima kasih untuk tanggapannya. Jadi tambah semangat nulis-nulis lagi 😊😊😊

  3. Waaw keren banget Mbak Pucher 😀

    1. Putri Chairina says: Reply

      Makasi banyak, Ovieee 😀

  4. Terimakasih sudah membuat tulisan yang komplit… memang benar kerja di PT Telkom bikin betah, menemukan rekan kerja atau teman kerja seperti layaknya saudara, lingkungan yang baik dan mendorong kita untuk mau belajar dan mengembangkan diri untuk lebih baik lagi. Terimakasih Telkom…. yang selalu ada… untuk Indonesia. semoga produk-produknya makin inovatif dan pelayanan after sales nya semakin Excellent. Amiiin.

    1. Putri Chairina says: Reply

      Tirtaaa.. Makasi banyak komentarnya yaa..
      Semangat memajukan Telkom untuk memberikan manfaat ke Indonesia ya! #merahputih

  5. Yap, kerja di Telkom itu Fun, Produktif dan Berkah,,, itu yang alhamdulillah saya rasakan, meski mostly malah di anak perusahaan.
    Tapi perlu insight dari temen2 di area/witel juga nih Put, biar tau tantangannya temen juga.. sip

    1. Putri Chairina says: Reply

      Waaa.. makasi banyak masukannya, Kamal. Iya ya.. bagus juga klo bisa nulis ttg pengalaman temen2 di witel

  6. bener banget putcher.. tq ya tulisanya mewakili perasaaanku bekerja ditelkom.. hehehe.. mantap mb

    1. Putri Chairina says: Reply

      Waah.. makasi banyak komentarnya, Benita. Kapan klo ke Semarang, ketemuan lagi ya 😊

Leave a Reply