Ujian Tengah Semester (UTS) Pertamaku Sebagai Magisters Ilmu Administrasi dan Kebijakan Bisnis

Hari Senin, 03 November 2020, adalah hari pertama aku UTS. Mata kuliahnya adalah Pengantar Teori dan Ilmu Administrasi. Soal UTS hanya terdiri dari tiga pertanyaan saja. Yang masing-masing pertanyaan mewakili tiap bab yang disampaikan oleh Profesor.

Sebagai anak teknik (S1 aku Teknik Informatika di Telkom University, Perguruan Tinggi Swasta nomor 1 di Indonesia, 2020) yang berpindah haluan ke sektor sosial dan bisnis, pengalaman pertama dengan UTS ini memberikan kesan tersendiri. Kesan inilah yang aku coba bagikan dalam tulisan ini ya.

UTS kemarin bersifat open-book. Namun untuk menjawab pertanyaan tersebut memang diperlukan pemahaman materi yang diajarkan dan merelasikannya dalam konteks kekinian dan case yang diberikan. Oleh karenanya akan sangat bermanfaat jika sebelum membaca soalnya kita sudah pernah kepo, cari tahu, membaca, mendengar, ataupun menonton pembahasan tentang permasalahan yang disodorkan dalam soal. Artinya sebagai magister ilmu sosial dan bisnis, kita perlu selalu up-to-date dengan isu-isu terkini. Misalnya, isu UU Ciptakerja, pro-kontra vaksin Covid19, penanganan Covid19, dsb.

Selain update perkembangan isu terkini, kita juga diharapkan untuk dapat menuangkan pemikiran kita tersebut dalam bentuk tulisan. Artinya kita memang harus membiasakan diri (kembali) untuk menulis. Memang aku sudah pernah dengar tentang hal ini, tapi karena belum betul-betul mengalami harus menuangkan pemikiran dalam waktu yang sangat terbatas, lumayan terkejut juga. Maka setelah itu terbersit pemikiran, “OK, setelah ini mulai lagi membiasakan menulis ya. Sampaikan aja pemikiran yang ada. Dan batasi waktu untuk menulis. Don’t expect perfection! Just build consistency and habit. Write a lot, so you can learn more from your writing.

Oke sepertinya itu saja yang mau aku bagikan dalam tulisan ini.

Oh ya, menurut teman-teman, apakah masih asik baca tulisan di blog? Atau lebih nyaman membaca tulisan di social media seperti Instagram atau Facebook. Bagaimana menurut teman-teman? Berikan aku masukan ya. Terima kasih 🙂

**) Aku sedang kuliah S2 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Bisnis di Universitas Indonesia (Beasiswa LPDP). Selama masa pandemi ini, alhamdulillah kuliahnya bisa tetap berjalan secara online.

Leave a Reply