Tips Lulus Tes Telkom

tips lulus tes telkom

Telkom merupakan salah satu perusahaan BUMN yang diidamkan para pencari kerja. Oleh karenanya tidak mudah untuk bisa lulus tes Telkom. Ketahui tips dan triknya agar kamu unggul dibandingkan peserta lainnya.

Pengalaman Aku Tes Telkom

Pertama-tama mungkin aku cerita dulu bahwa aku masuk Telkom sudah dari tahun 2010. Aku perhatikan proses dan metode rekruitasi yang digunakan Telkom sudah banyak penyesuaian. Namun ada hal yang masih tetap sama.

Perbedaan Rekruitasi Dulu dan Saat Ini (2020)

Pertama, digitalisasi proses. Dahulu dokumen-dokumen dikirim lewat surat ke kantor Telkom atau datang langsung ke booth Telkom di pameran lowongan kerja untuk submit dokumen lamaran kerja. Kini, segala macam dokumen cukup diunggah di website rekruitasi Telkom.

Terutama di sisi digitalisasi proses. Yang awalnya dokumen dikirim lewat surat ke kantor Telkom, sekarang cukup lewat website rekruitasi Telkom. Informasi pembukaan lowongan pun saat ini sangat mudah untuk didapatkan, yaitu cukup pantau instagram Living in Telkom. Tidak seperti dulu yang informasinya terbatas di kampus-kampus tertentu saja.

Proses Tes Telkom

Proses tahapan rekruitasi Telkom dahulu ada tiga tahap yang intinya adalah seleksi kelengkapan dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, tes diskusi kelompok, tes interview dengan HR dan user, lalu ditutup dengan tes kesehatan. Sekali lagi, metode yang digunakan mungkin bisa berbeda. Seperti tes potensi akademik dan bahasa Inggris yang sekarang dilakukan secara online. Lalu tes interview pun memungkinkan untuk dilakukan secara online. Namun menurut aku ada hal-hal yang mendasar dari tiap tahapan tes tersebut yang tidak berubah. Ini yang akan aku coba bagikan dalam tulisan ini

#1 Perbanyak Latihan Tes Potensi Akademik

Practice makes perfect. Jangan sepelekan latihan pengerjaan soal-soal Tes Potensi Akademik (TPA). Banyak latihan membuat respon kita ketika melihat soal menjadi lebih cepat. Apalagi tes TPA rekruitasi Telkom sudah banyak yang bilang kalau tesnya susah banget! Beneran deh. Ngga ngerti kok bisa buat soal sesulit itu, pinter banget kayaknya yang buat soal. Nah, maka dari itu kita perlu banyak berlatih agar hasilnya memenuhi persyaratan minimal di Telkom ya, teman-teman.

#2 Persiapkan Bahasa Inggrismu

Bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting dalam tes masuk Telkom. Dalam keseharian kerja memang belum tentu kita akan menggunakan bahasa Inggris. Pada unit-unit tertentu yang sering bertemu dengan pihak luar memang sangat terpakai. Namun bahasa Inggris yang baik akan bermanfaat untuk kita sendiri. Untuk mengikuti pelatihan online, biar ngga kagok klo jalan-jalan ke luar negeri, tes beasiswa Telkom, dan untuk membuka kesempatan-kesempatan lain. Menurutku, ada baiknya kemampuan berbahasa Inggris menjadi hal yang basic untuk dikuasai di masa ini.

Lalu bagaimana cara mempersiapkannya? Teman-teman bisa beli buku persiapan tes TOEFL maupun IELTS. Coba tes kemampuan teman-teman dengan mengerjakan satu set soal yang terdiri atas beberapa bagian. Nah setelah selesai, coba dicek pada bagian apa yang teman-teman masih lemah? Nah perkuat latihan pada bagian tersebut. Baca konsepnya, contoh penggunaannya, dan contoh soal-soalnya.

#3 Persiapkan Materi Sesuai Dengan Peminatanmu

Tes masuk Telkom saat ini lebih transparan dalam pemilihan peminatan. Teman-teman nanti dapat menentukan kategori peminatan bidang kerja teman-teman. Dan nantinya akan ada tes kemampuan sesuai dengan peminatan yang teman-teman pilih. Jadi teman-teman nanti perlu mempersiapkan diri untuk tes kemampuan tersebut. Coba dibaca-baca kembali teori, implementasi, dan best-practice kekinian terkait bidang kerja tersebut. Akan lebih baik lagi jika teman-teman mencari pemanfaatan bidang tersebut di industri telekomunikasi dan digital, sesuai dengan core industry Telkom.

#4 Istirahat Yang Cukup

Jangan meremehkan pentingnya istirahat ya, teman-teman. Karena jika otak terlalu lelah akibat begadang mempersiapkan tes maka justru akan membuat konsentrasi kita menurun ketika hari-H. Jangan tidur larut ketika akan tes masuk Telkom ya. Jangan pakai gaya SKS (Sistem Kebut Semalam). Persiapkan diri jauh-jauh hari untuk hasil yang maksimal.

#5 Pastikan Jaringan Internet dan Laptop Dalam Kondisi Prima

Ini hal teknis. Tapi tidak kalah penting. Karena dengan kondisi tes online maka internet dan perangkat laptop/komputer menjadi hal yang utama.

Untuk internet, pastikan jaringan wifi kencang dan lancar. Pakai Indihome! Hehe.. Siapkan plan-B semisal wifi tiba-tiba bermasalah atau terjadi mati lampu. Misalkan dengan menyiapkan paket data yang cukup di smartphone kita.

Untuk perangkat. Pastikan baterai laptop penuh. Dan tidak memiliki kendala ketika mengakses wifi. Jika memungkinkan, persiapkan plan-B semisal tiba-tiba laptop kita bermasalah.

#6 Pilihlah Lokasi Yang Mendukung Konsentrasi

Cari tempat yang mendukung untuk bisa fokus tanpa gangguan. Jangan numpang wifi di restoran atau cafe. Nanti tiba-tiba ada pramusaji yang menyapa menanyakan “Mau pesan apa, Kak?”. Atau banyak suara yang berisik yang menyulitkan konstrasi. Jika di rumah, pilih tempat yang paling nyaman dan akses internet paling baik. Informasikan kepada keluarga di rumah kalau teman-teman akan mengikuti tes pada jam berikut dan butuh konsentrasi.

#7 Banyak Berdoa dan Minta Doa dari Orang Tua Untuk Bisa Lulus Tes Telkom

Nah, ini penting banget! Perbanyak doa dan minta doa dari orang tua ya, teman-teman. Karena atas doa dan dukungan mereka insyaAllah kita berhasil.

Selanjutnya jika sudah lulus tes online potensi akademik dan bahasa inggris, maka saatnya persiapan untuk tes interview ya, teman-teman. Nah, untuk tips-tips ketika interview, akan aku bahas di tulisan lainnya karena terlalu panjang kalau digabung di sini ya.

Ok, semoga sukses, temans!

Nah kalau mau dapat info tentang pembukaan lowongan Telkom, subscribe blog ini ya. Agar teman-teman mendapatkan email ketika ada tulisan tentang pembukaan lowongan Telkom di blog ini.

Dan dapatkan gambaran mengenai pengalaman kerja di Telkom pada tulisan-tulisan kategori Kerja Di Telkom dari blog ini ya. Untuk tes masuk Telkom kini terpusat pada website rekrutmen Telkom.

Leave a Reply