Memainkan Lagu di Blog WordPress

Sebagai pengguna WordPress selama lebih dari 2 tahun, akhirnya baru sekarang saya mengetahui cara untuk memutar lagu sebagai latar-suara di blog WordPress! Dahulu saya sempat utak-atik sana-sini, cari-cari embedded-code untuk dipasang di widget WordPress. Tapi belum ada yang berhasil!  Ah, jadi teringat seorang teman yang bertanya tentang cara ini dalam rangka untuk membuat undangan pernikahan online via WordPress.

Ketika itu setahu saya memutar lagu di WordPress itu hanya bisa dilakukan di versi berbayar. Akhirnya temanku itu membuat undangan pernikahan online menggunakan layanan web gratis undangan-pernikahan. Kalau tidak salah, layanan seperti ini lumayan banyak di dunia maya.

Hari ini saya barulah saya mengetahui caranya! Ternyata mudah dan sederhana!

1. Buka website musik-live : http://www.musik-live.net/

2. Cari lagu yang diinginkan. Masukkan kata kunci pencarian di tempat yang telah disediakan.

3. Jika lagu yang diinginkan ketemu, klik pada tulisan “play and embed code“.

4. Nah, sebagai pengguna WordPress, selanjutnya pada halaman yang baru, klik pada icon WordPress. Masukkan username, password, dan alamat blog. Perhatikan bahwa pada alamat blog, ketikkan secara lengkap. Contohnya : https://putrichairina.wordpress.com. Secara otomatis, musik-live akan membuat tulisan baru di blog tersebut. Tulisan ini berisi kode HTML yang diperlukan untuk membuat widget lagu di WordPress.

5. Selang beberapa menit, coba masuk ke blog WordPress tadi. Lihat apakah ada tulisan baru yang masuk? Kalau ada, tulisan itu berasal dari musik-live. Jika tidak ada, coba ulangi tahap 4.

6. Masuk ke fitur “edit post” dari tulisan itu. Lihat tulisan dalam bentuk HTML, bukan “visual”. (ada di kanan atas dari kotak untuk menulis di WordPress)

7. Ambil seluruh HTML yang ada. Simpan di file sementara. Lalu hapus tulisan itu.

8. Buat widget baru untuk meletakkan kotak lagu ini. Pilih widget tipe “text”. Tulis nama widget ini, misalnya : lagu ku. Lalu salin seluruh HTML yang sebelumnya sudah disimpan. Simpan widget ini.

9. Coba lihat ke blog anda. Widget sudah terpasang dan lagu secara otomatis diputar! Voila!

widget lagu di WordPress

10. Terakhir. Demi keamanan, segeralah ganti password WordPress anda!

Untuk WordPress mania, jika mau buat undangan pernikahan online, tentu sekarang tidak perlu beralih ke lain hati. Cukup gunakan WordPress!🙂

Selamat ber-WordPress-ria!

Terima kasih untuk Raly yang telah menginspirasi.

……………….
Lagu ini juga bisa dipasang di tiap tulisan pada blog WordPress! Berikut ini contohnya :

……………….

Catatan :

Tentunya hal ini membuat blog anda semakin berat untuk dibuka. Jadi bijaksanalah menggunakan fitur-fitur semacam ini.

33 thoughts on “Memainkan Lagu di Blog WordPress

  1. aku masih ga ngerti sama yang tahap 4. maskudnya, msuk k icon wordpress.com truz dstu cuma ada username/email sama passwrod, nah…ga ada itu yang alamt blog. kurang jelas. bisa di rinciin?

  2. maaf gan, saya bagi2 code script, numpang ya izin ma owner dan admindnya.
    ni saya punya code buat putar musik di blog ataupun website bagi agan2 yg kesulitan, mudah2an bisa membantu agan2 semua silahkan di copas aja gan, gratis ko, sekalian buat perkenalan. ni juga kebutulan lewat, liat2 ko ada membahas tentang itu pemutar-pemutar yang keluar suaranya hehehe ☺☺☺☺, sekali lagi maas, bukan sok pintar, tapi pengen bagi2 aja ya, jagan di pandang dari segi negatif.

    script:

    http://mengenalmu.swf

    syaratnya agan harus mengconvert terlebih dulu itu file *.mp3 ke *.swf lalu upload ke folder tempat di mana agan menyimpan berkas file dan rubahlah sama agan isi di dalam tanda petik setelah scr=”….” dengan alamat dimana file *swf agan simpan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s