podcast
Daily Life

Podcast, Media Berbagi Masa Kini

Podcast merupakan media informasi (siaran) yang berupa suara.

Apa kelebihan Podcast dibandingkan dengan radio?

Kelebihan podcast dibandingkan radio adalah ia menyajikan daftar seluruh siaran yang tersedia. Sehingga kita bisa dengan leluasa memilih siaran yang ingin kita dengar. Dan pada akhirnya kita tidak perlu lagi khawatir ketinggalan berita yang menarik.

Podcast Menyajikan Daftar Seluruh Siaran
Menyajikan Daftar Seluruh Siaran

Apa menariknya mendengarkan suara tanpa melihat gambar?

Seringkali kita berada dalam situasi atau aktivitas dimana kita harus memfokuskan penglihatan kita. Sebagai contoh ketika berkendara atau berdiri di transportasi umum. Nah, untuk saat-saat tersebut podcast adalah suatu media yang tepat untuk digunakan. Karena kita hanya membutuhkan telinga untuk mendengarkan. Sehingga kita tetap dapat melakukan aktivitas lainnya selagi mendengarkan suatu siaran. Selain itu, untuk teman-teman yang lebih menyenangi proses belajar melalui mendengarkan (auditory) tentunya ini menjadi pilihan yang tepat.

podcast-listening
Mendengarkan Podcast

Topik apa saja yang dapat didengarkan?

Banyak! Hampir setiap topik dapat ditemukan. Mulai dari topik yang ringan seperti hobi dan obrolan santai. Hingga topik-topik seperti kajian islam, keuangan, komunikasi, pengasuhan anak, hingga teknologi dapat ditemui. Sayangnya, saat ini konten berbahasa Indonesia masih sedikit jumlahnya. Jadi untuk teman-teman yang punya pengetahuan dan ilmu yang bisa dibagikan dapat memanfaatkan peluang ini.

Diantara channel yang sering saya dengarkan adalah Parenting Beyond Discipline, yang berisi tips parenting. Selain itu, saya juga mengikuti channel User Defenders yang membahas tentang User Experience (UX) design. Lalu ada juga channel Sharing Handry dari Om Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia, yang mengulas tentang kepemimpinan.

podcast parenting beyond discipline
Parenting Beyond Discipline
user defenders channel
User Defenders
channel sharing handry
Sharing Handry

Bagaimana cara untuk mendengarkan Podcast?

Hal tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi pemutar lagu seperti Spotify, YouTube, dan beragam aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi ini bersifat online. Sehingga untuk mengaksesnya diperlukan koneksi internet.

Aplikasi pemutar podcast
Aplikasi pemutar siaran

Namun, aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan fitur unduh. Dengan mengunduh siaran kita dapat mendengarkan siaran tersebut tanpa koneksi internet (offline). Akan tetapi, biasanya fitur unduh termasuk fitur yang berbayar.

Tersedia Fitur Unduh (Download)
Tersedia Fitur Unduh (Download)

Demikian sekilas informasi mengenai podcast.

Apakah teman-teman sudah pernah mendengarkan podcast? Topik apa yang teman-teman senang dengarkan?

 

Masukkan alamat emailmu untuk mendapatkan informasi tulisan terbaru dari saya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *